Home

Rabu, 24 Desember 2008, jam 7:35, ketika saya sedang Sarapan Soto Cak Kholil bersama istri, tiba tiba ada SMS dari Icha

Icha :”Bah, rangking berapa ?”
Hilal :”Rangking satuuuuuuuuuuuu, horeeeeeeeeeeeeee, alhamdulillaaah, mmuuuuaaccch”
Icha :”I love u”
Hilal :”I love you too, kakak”

Hari ini, si icha menerima Raport Semester 1, dan alhamdulillah, masih sama dengan Mid Semester 1 dulu, masih rangking 1.

3 hari sebelumnya, Icha pernah bertanya pada saya, “Bah, pernah nggak dulu nggak rangking 1” ?, saya bilang “pernah, tapi waktu SD dan SMP babah rangking 1 terus, waktu STM babah awalnya rangking 23, tapi akhirnya babah rangking 2”

Itu pertanyaan dari Icha mengenai kekhawatirannya tidak menjadi rangking 1, saya ingat, dulu mamanya pernah membawa icha ke psikolog untuk melakukan semacam psikotest buat icha, dalam hal “keinginan untuk menjadi nomor 1”, skala 1-10, icha nilainya 10. Artinya, tanpa didorongpun, Icha selalu berusaha untuk menjadi nomor 1.

 

hilya khalisha mumtazah -- icha --

hilya khalisha mumtazah -- icha --

Ketika Icha bertanya hal itu, mamanya bilang , “tidak apa apa tidak menjadi nomor 1, yang penting sudah berusaha dengan baik, kalau icha tidak jadi rangking 1, tapi masih 5 besar, mama tetap akan memberikan hadiah buat icha, karena icha sudah bekerja keras, tapi mama yang akan pilihkan hadiahnya, tapi kalau kakak juara 1, kakak boleh pilih sendiri hadiah kakak”, begitu kata mamanya, at that time, i think my wife is very genious and fair. 

 

2 malam yang lalu, icha bertanya sambil menggosok gosokkan kedua telapak tangannya, “aduuuh, rangking 1 nggak ya bah”, tampak gusar

semalam, saya bertanya pada icha, “Cha, kamu berdebar debar ya ?”, “banget !!”, kata icha. Dan saya tahu, icha gelisah dalam tidurnya, membolak balikkan badan, jam 5 sudah bangun dan melihat lihat jam, tampak jelas dia gusar.

Bagaimanapun, saya bersyukur bahwa Icha paling tidak sudah punya beberapa modal dalam hidupnya kelak :

1. IQ yang bagus

2. Passion untuk selalu berkompetisi dan menjadi nomor 1. Ini yang sangat saya syukuri, betapa banyak orang orang pintar namun tidak  punya hasrat untuk berkompetisi dan maju. Meminjam istilah istri saya, “that’s the reason why bright kids have poor grades”.

3. Couriosity,  bagaimanapun , saya seringkali kewalahan menjawab pertanyaan pertanyaan icha, dan itu sangat menakjubkan. Bagaimanapun dunia ini akan berhenti dan kreatifitas akan mandeg if all the people stop questioning, stop asking and never courious. Couriosity adalah gerbang kreatifitas dan problem solving

4.Explorasi dan eksploitasi, saya dan mamahnya sering heran dengan icha yang selalu punya ide ide dari benda benda yang ada dirumah kami, apa saja bisa dia jadikan bahan untuk alat bermain. Bahkan yang saya pernah takjub, icha mengambil botol plastik stabilo untuk sangkar kupu kupu, atau membuat kuburan di taman belakang rumah untuk tanaman kupu kupunya. Ada ada saja. Icha terbiasa mengikuti irama lagu di TV namun isinya sesuka suka hatinya. Selalu melakukan eksplorasi dan eksploitasi adalah kekaguman saya yang lain terhadap icha. 

Tinggal masalahnya … semoga attitudenya tetap bisa kami arahkan menjadi attitude yang membawanya ke kehidupan yang lebih baik, ikhlas, jujur, tidak mudah menyerah …. memiliki EQ yang juga bagus, dan SQ yang baik pula.

Sesuai dengan namanya, HILYA KHALISHA MUMTAZAH
HILYA = Perhiasan
KHALISHA= Orang yang Ikhlas
MUMTAZAH= Super Excellent

Banyak orang pintar, tapi tidak ikhlas
Banyak orang ikhlas, tapi tidak pintar

Sedikit orang yang pintar namun ikhlash, semoga icha menjadi bagian dari yang sedikit itu.

Aamiin

3 thoughts on “my lovely daughter

  1. artikelnya mengingatkan saya waktu awal masuk di smktelkom, terima raport dan gak peringkat 1 lagi 😦 ibuku bilang “gak papa dapet peringkat 4 yang penting sudah usaha dengan baik” seperti kata istri Bapak..

    [Hilal]
    Hehehe, so nice, rangking 4 di Telkom kan susah 🙂

Leave a Reply

