Home

“to love is to understand and to be happy with” — unknown —

Saya dan istri saya memiliki beberapa kesenangan yang sama, salah satunya “KUTU BUKU“, sampai kami punya stempel keluarga untuk buku buku kami, mottonya “Possunt Quia Posse Videntur”, yang kurang lebih artinya “they can because they think they can”, mereka bisa karena mereka pikir mereka bisa. Ya. Kita adalah apa yang kita pikirkan.

Well, beberapa minggu yang lalu, istri saya asyik dengan Novel barunya, judulnya Twilight !!, karya Sthephenie Meyer. Dan masih ada Twilight seriesΒ  edisi berikutnya dari pengarang yang sama, yaitu New Moon , Eclipse dan Breaking Down. Sampai sampai ketika film ini tayang premier di jaringan 21 dan XXI , istri sayapun antusias, jadilah kami keluarga besar menonton film ini di Cilandak Town Square, menggunakan failitas online ticketing M-Tix, asal anda tahu saja, ini film MIDNIGHT !!. Senang juga nonton malam malam bersama Icha dan Dimas. Rekreasi keluarga yang unik.

Tadinya saya kurang berminat membaca novel ini, karena kesibukan. Tapi karena saya melihat hasrat istri saya yang menggebu gebu, membuat saya jadi penasaran, apa sih sebenarnya isinya ? dan saya bertekad untuk memahaminya, membacanya dengan cepat, sehingga ketika menonton filmnya saya jadi tahu jalan ceritanya. Lembur !!. Ketika istri saya bertanya, semangat banget bacanya ? dengan rileks dan sambil terus membaca saya bilang “ya, saya harus berusaha memahamimu” πŸ™‚

And that is the reason … to love is to understand and to be happy with. Saya ingin lebih memahami istri saya, ingin selalu bergembira bersamanya dan anak anak saya. Entah kenapa, saya berpikir saya masih belum memahaminya sepenuhnya, selalu ada hal hal baru yang membuat saya merasa saya harus terus belajar. Tidak hanya memahami apa yang dikatakannya, apa yang disukainya, apa yang dibacanya, tapi juga apa apa yang tidak dikatakannya !!

“No man is truly married until he understands every word his wife is NOT saying.”
Ya, saya pikir saya masih belum jadi suami yang benar ketika saya belum bisa memahami apa yang tidak dikatakannya. Karena tidak semua apa yang dirasakan bisa diucapkan, dan apa apa yang diucapkan kadangkala tidak bisa diartikan secara literal dan harfiah. Ada sesuatu yang tersirat. Dan ini bukan perjalanan yang punya akhir, memahami adalah sebuah proses, yang berubah seiring waktu. Her outward appearance is not always representing her, and she is not always representing her outlook appearance. Apa yang tampak dari kita belum tentu sepenuhnya menggambarkan diri kita sepenuhnya, dan diri kita juga tidak sepenuhnya terlihat dari tampilan luar kita !! di sinilah seninya !

Ketika dulu saya akan menikahi istri saya, ada satu ungkapan yang membuat saya memutuskan untuk menikahinya .. kata kata yang sederhana, yang diucapkan oleh Trainer Bahasa Inggris saya, “Love is a verb”

Cinta adalah kata kerja, dan memahami serta bahagia bersama yang kita cintai, adalah sebuah pekerjaan, yang harus terus ditumbuhkan dan dirawat !!

Well, istri saya akan menertawakan atau mengejek tulisan saya ini πŸ™‚ ya, karena saya yakin saya masih seperti anak bodoh yang tentu saja masih belajar untuk memahaminya, mengerti cita rasanya, mengerti keinginannya πŸ™‚ Semoga saya tidak tinggal kelas tentu saja πŸ™‚

7 thoughts on “to understand and to be happy with ..

  1. saya mampir atas link pemberian yang comment diatas saya (hallah)

    thanks alot udah membagi sedikit cuplikan yang cukup menyentuh saya, jadi penasaran sama bukunya

    salam kenal juga πŸ™‚

    [Hilal]
    Thanks alot Doner, maaf baru reply, dah baca bukunya belum ?

  2. Assalamualaikum Wr. Wbr.

    Silahkan anda taroh di Blog anda. sering juga ya kunjungi blog kita kalau bisa anda kasih komentar tentang apa saja untuk saya tentu yang positif. salam ukhuwwah dari Pekanbaru

    [Hilal]

    Wa’alaikumussalam Pak Syaiful, tentu pak, saya insyaAllah tidak akan melewatkan diri untuk mampir dan memberikan komentar, salam ukhuwah dari Jakarta pak Syaiful

  3. Saya mampir karena link pemberian Mas Hilal setelah mampir di Blog saya..(Halah..ikut-ikutan..doner cantix)

    Wah..Mas HIlal ini rupanya suami yang mau memahami istri..salut….salut…

    Salut juga kok ya jatuh cintanya sama Edward (Loh?!) ..:p

    [Hilal]
    Yaaaaaaaaa :p kok Edward :p

  4. Salam kenal Mas.. sekarang suamiku juga lagi baca Twilight and New Moon …Smoga dia makin memahamiku… he he..

    [Hilal]
    Salam kenal juga, aamiin, aamiin ….

  5. Sy brsyukr diberi psngn hdp yg mau belajr mngerti “siapa sy” & bgitu jg sy sebaliknya.
    satu contoh twilight yg lg dibicrakan org2. Trlepas fenomena ato bkn sy & hubby sm2 penikmat buku n movie nya. Sy merasa bgt annoying kalo org2 men-judge seorg cowok penikmat buku yg notabene genre cewek diblg krg jntn /istilah ksrnya lebay. Mereka ngga ngerti bk adlh jendla ilmu. Siapapun brhak membaca. Trlepas sebuah bk dinilai bgs ato tdk, ngga perlu menggunakan SARA b/ nunjukin ketdksukaan a/ sesuatu yg tdk sejalan.

    [Hilal]
    Ya ya ya πŸ™‚ lebay kan kata orang πŸ™‚ yang penting kita happy dan enjoy dengan apa yang kita suka πŸ™‚

  6. so sweet πŸ™‚

    semoga suami saya kelak, punya sudut pandang yang sama dengan bapak dan diwujudkannya dalam tindakan.
    beruntung sekali ya istri bapak πŸ™‚

    salam kenal dengan keluarga πŸ™‚

Leave a Reply

