Home

Suatu ketika, saya pernah diinterview, dan saya harus menjawab sebuah pertanyaan tentang “what is your three waknesses ?”, “apa 3 kekurangan anda” ?

Salah satunya saya menjawab “if i want to achieve something, dream something, i will use all my best effort to get that dream, at any cost !”, jika saya menginginkan sesuatu, memimpikan sesuatu, menyukai sesuatu, maka saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkanya.

“Bukankah itu positif ” , mungkin itu pertanyaan di kepala anda sekarang, dan itu pertanyaan yang sama yang menjadi response sang interviewer.

Well, dalam perspektif attitude of achieving something, mungkin ya, tapi jika berlebihan dan tidak proporsional justru akan menjadi negatif dalam beberapa hal. Dan ini yang akan saya bahas.

Istri saya suka menasehati dan mengingatkan saya akan hal ini, betapa tidak, jika saya sudah menyukai sesuatu, maka saya akan menjadi addicted, dan tidak sekedar melakukan eksplorasi, tapi meningkat ke tahapan eksploitasi, jika saya sedang suka rujak cingur, saya seringkali akan makan rujak cingur secara berlebihan, sampai bosan, jika saya sedang kecanduan blogging, rasanya tidak ingat waktu dan prioritas, semuanya kalah, jika saya sedang suka sebuah judul buku, saya akan membacanya lembur , misalnya ketika saya membaca laskar pelangi atau harry potter.

Istri saya bilang, seharusnya saya itu tidak berlebih lebihan, porsinya harus sesuai, bisa berbahaya jika saya tidak bisa mengontrol tabiat saya yang satu ini. Very good, dan saya menyadarinya, saya terkadang melakukan sesuatu yang sangat saya sukai secara berlebihan, sehingga terkadang melupakan sesuatu yang menjadi kewajiban, sesuatu yang seharusnya mendapatkan prioritas lebih. Di satu sisi positif, karena dengan menyukasi sesuatu, saya bisa memberikan sentuhan dan value lebih, tapi di satu sisi, jika berlebihan, seperti orang mabuk. Istri saya menyebut dalam tulisannya di wrodpress sebagai “equilibrium“, kesetimbangan, moderate,tidak berlebihan.

Mengutip Horace Porter, “Be moderate in everything, including moderation” , bahkan dalam konteks moderate pun kita juga tidak boleh berlebih lebihan , being within reasonable or average limits; not excessive or extreme, seperti gerak harmonos pada sebuah bandul fisis, kadang ke kanan, kadang ke kiri, tergantung situasi yang ada, namun gerakan harmonis tetap harus ada, tidak baik terlalu dan selalu di kanan, dan tidak bagus selalu di kiri dan terlalu ke kiri, kita tetap harus menjaga keseimbangannya dan berusaha di tengah tengah.

moderate is an adult who is fully developed from maturity onward,
moderate is not slow and is not the brutal speed, accelerate when too slow, and decelarate or slow down if reaching the risky limits.
moderate in holding temper and controlling anger,
moderate is being reasonable, mild, controlled, limited, cool, calm, steady, modest, restrained, deliberate, sober, middle-of-the-road, temperate, judicious, peaceable, equable.

“Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.” Qurat Surah Al Hadid 22-23

Dalam hal managing our expectation juga seperti di atas, jangan terlalu gembira, dan tidak juga terlalu berduka cita, be moderate in expectation.

Finally, be moderate, atau seperti kata istri saya, keep your line in “equilibrium
If we cannot manage our self, we cannot manage others !!

One thought on “Yang sedang sedang saja

Leave a Reply

