Home

Serba goreng menggoreng, mulai dari scrambled egg,  fried egg , fried fries and fried rice adalah menu sarapan pagi kali ini, plus cocktail as a desert. Makan berdua dalam satu meja dengan Pak Dani, kami masih hangat membicarakan seputar krisis ekonomi yang masih belum berlalu. IHSG yang rontok, saham saham yang berjatuhan, dollar yang semakit menguat, orang orang yang masih play save dengan cara lebih suka memegang uang cash dan mempertahankan likuiditas daripada menyimpan uangnya di bank,  harga minyak yang terus menurun, sehingga ongkos produksi tentu saja menurun — berita bagus –, rencana buy back saham BUMN yang masih tertatih tatih dan hal hal lainnya yang related to economic crises.

Sekitar jam 8.30 , menggunakan Bus Huawei, kami berangkat menuju Huawei Training Center.

Huawei Exhibition Hall

Huawei Exhibition Hall

Sekitar 30 menit kami tiba di kompleks perkantoran Huawei yang –luasnya– kurang lebih 1.3 KM2 !!, a very large office land. Mulai dari Marketing Office, Administration Center, R&D, Labs ,semuanya berada di area yang –menurut saya — sangat megah.

First place to go is Exhibition Hall. Kami dipandu untuk melihat Core Product , Core Services, SDP Solution, dan product product terbaru Huawei. Amazing !, mulai dari chipset, BSS, HLR, Microwave, RF, Handset, Modem, Green Technology Platform, semuanya ada di Exhibition Hall ini.

Huawei Training Center

Huawei Training Center

Setelah melihat lihat exhibition hall, kami menuju Training Center, tempat workshop diselenggarakan. Areal hijau dan taman yang tertata apik membuat areal ini sangat nyaman dan sangat kondusif untuk menjadi tempat workshop. 2 Session passed — i will not write the content of the workshop here — sorry guys. Jam 12.30 kami menuju Administration Center untuk lunch bersama Senior Vice President (SVP) President of Global Technical Sales — Kevin Tao — dan Vice President (VP) Global key Account Division — Global Technical Service Dept — Joe So. Acara makan siang yang mengesankan.
Huawei Administration Center

Huawei Administration Center

Huawei, yang didirikan semenjak 1988, ternyata mengalami beberapa kali pasang surut dan almost die. Namun, saat ini, Huawei paling tidak sudah melakukan kontrak sales mencapai USD 16 billion pada tahun 2007, dan mencatat kenaikan penjualan 45% dibandingkan tahun 2006. Already serving 35 dari 50 tops telecom operator !! serta membukukan hak patent di World Intellectual Property organization(WIPO) Patent Cooperation Treaty (PCT) sebanyak 1365 applikasi yang menempatkan Huawei sebagai Global 4th largest Patient Applicant.  Tidak hanya itu, Huawei pada tahun 2007 memenangkan sebanyak 44.8% dari semua kontrak baru made all over the world !!.

Masih ingat dengan semangat GOES GREEN for Saving Our Earth ? Huawei is one of the committed industries yang sudah mengimplementasikan konsep goes green ini. Buktinya ? , pada akhir 2007, Huawei telah melakukan deployment lebih dari 100 ribu GSM BTS. Yang menghemat kurang lebih 570 million kWh, atau setara dengan 170 ribu ton coal !!, dan di arena Exhibition Hall, saya melihat salah satu solusi BTS huawei yang digerakkan oleh turbin turbin untuk menghasilkan energi dari angin, solar cell dan sebagainya.

Yang juga menarik, Huawei mungkin sedikit dari mereka yang bisa belajar dari alam, bencana gempa bumi di china beberapa waktu yang lalu membuat Huawei terpacu untuk mengembangkan solusi solusi core networknya agar memiliki high availability dan maximum realiability architecturesustain terhadap traffic storm dan bisa mengakomodasi lonjakan traffic dengan minimum impact terhadap services. Konsep MSC Pool, HLR Clustering Storage, Unified Subscriber Profile accross HLR, Multilevel Backup HLR dan sebagainya adalah salah satu contoh bagaimana alam menjadi salah satu guru Huawei.

Huawei juga mulai berusaha untuk injecting local employee di semua regional office Huawei accros the Globe. Sehingga lebih memudahkan ketika berinteraksi dengan client. Hal yang menurut saya sangat tepat dilakukan oleh Huawei. Salah satu kendala terbesar saya ketika berhubungan dengan orang orang Huawei ini adalah BAHASA !!.

Huawei Testing Center

Huawei Testing Center

Huawei R&D Center

Huawei R&D Center

Setelah makan siang, kami menuju Testing Center dan R&D building. Untuk melihat simulasi dari product yang dipresentasikan dalam Workshop. Interesting !! . Bicara mengenai R&D, sangat masuk akal Huawei begitu cepat tumbuh dan inovative serta menjadi garda terdepan dalam implementasi tekhnologi baru, kenapa  ? Huawei menginvestasikan paling tidak 10% dari annual revenue untuk R&D !!, dan paling tidak 10% dari investment allocation itu digunakan untuk pre-research agar tetap menjadi leader dalam hal tekhnologi baru dan delivering breaktrough solution. Itulah salah satu jawaban kenapa Huawei sudah bisa mengimplementasikan paling tidak 12 komersial WiMAX networks around the globe. Begitu juga dengan implementasi IMS,  FMC dan IPTV. Jumlah employee di R&D ? ini dia, by end of September 2008, 44% dari total Huawei employee adalah R&D engineer, atau sebanyak 4200 lebih engineer — sebagai catatan, by end of September 2008, total Huawei Employee adalah 96000 orang. Pantas saja, dengan begitu banyak engineer dedicated to R&D membuat Huawei leading dalam implementasi new technology. Dan sangat inovatif. Mau bukti ? by september 2008, Huawei had filled lebih dari 32ribu –tepatnya 32822– hak patent, pada akhir 2007 paling tidak telah mengantongi 7%(152) hak patent under word’s UMTS essential patents !!. R&D Huawei tersebar dibanyak tempat baik di cina (Shenzhen, Shanghai, Beijing etc) maupun di luar cina (Stockholm Swedia, Dallas dan Silicon Valley US, Bangalore India, Moscow Rusia dan beberapa lagi).

Huawei juga adalah partisipant aktif paling tidak 83 international standardization organization semisal ITU, 3GPP, 3GPP2, OMA, ETSI dan IETF. Dan sebagian besar software development di Huawei sudah mengantongi sertifikat CMM level 5. The highest level in CMM Certification.

Most interesting fact also, sebagian besar sales dan marketing Huawei memiliki backround R&D !! alias pindahan atau mutasi dari R&D department !!

Hua Qiang Bei Shopping Center

Hua Qiang Bei Shopping Center

Jam 5.30, workshop kami selesai, dan … time to shopping !!. Hari kedua di Shenzhen, kami menuju Hua Qiang Bei shopping center.  Hua Qiang Bei memiliki jalanan yang cukup lebar, dan memiliki tiga jalur untuk pejalan kaki !!, lebarnya sampai 20 meter. Bayangkan, 20 meter untuk footpath (pejalan kaki) only !!. Sangat lebar bukan ?, yang menarik lagi, footpath ini sangat ramah untuk orang yang buta. Orang buta tidak perlu membawa tongkat, karena ada ubin khusus untuk orang buta. Orang buta bisa merasakan ubin ini, karena contour nya berbeda dibanding ubin untuk pejalan kaki biasa. Ubin ini juga akan berbeda ketika ada ada percabangan, dan berbeda pula relief nya jika mencapai penyeberangan jalan.

Berbekal tips untuk menawar 80% harga label, atau paling tidak turun 3 kalilipat, dan membawa kalkulator !! saya mulai shopping around. Melihat sepatu roda, toys, baju anak anak , kamera, macam macam lah pokoknya. Tapi tips itu tidak berguna so far 🙂 ada juga saya diketawain penjual. Tapi siapa peduli ? finally, i got the good one. Helikopter mini yang bisa terbang, dikendalikan oleh remote. 268 Yuan. Saya tawar 50 RMB tidak dapat. Akhirnya dapat seharga 100 RMB. It’s ok. Enought for day 2:) Masih ada waktu beberapa hari ke depan untuk menuju Luohu atau Dongmen. Semoga mendapatkan yang lebih menyenangkan lagi.

Let’s prepare for Day 3.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s